Semangkuk Nutrisi dari Makanan Tradisional dalam Wujud Mie Sagu Pak Usu

Mie Sagu, Ayam Pak Usu, Kuliner Pontianak

Leemindo.com Selain sebagai kota 1000 parit, Kota Pontianak juga sangat dikenal sebagai surganya kuliner bagi para foodies lokal maupun mancanegara. Kota ini kaya akan rempah penghasil bumbu masakan. Tak salah jika makanan yang dihasilkan dari tangan-tangan ajaib juru masak di Kota Khatulistiwa ini sangat menggugah selera.

Salah satu makanan tradisional yang paling sering saya nikmati adalah Mie Sagu. Makanan ini seringkali menjadi sajian ketika keluarga besar berkumpul di rumah. Terlahir di keluarga tukang masak membuat saya beruntung dapat mencicipinya lebih sering dan tentunya secara gratis. Hahaha. Mie sagu pun menjadi makanan olahan rumahan yang lumayan sering tersaji di acara keluarga kami.

Mie Sagu, Ayam Pak Usu

Pertengahan September lalu, ada momen berharga dalam hidup saya ketika bisa berbincang langsung dengan salah satu pengusaha kuliner sukses di Pontianak. Saya diundang untuk mencicipi menu baru yang akan ia pasarkan melalui salah satu cabang outlet terbarunya.

Bu Yenna ~ sapaan akrabnya ~ adalah owner dari Pondok Ale-ale dan Ayam Pak Usu. Secara tak langsung, hari itu ia memotivasi saya bahwa untuk menjadi orang yang berhasil dibutuhkan pengorbanan finansial, waktu dan pikiran. Bermodal dari menjual motor mereka, Bu Yenna Wiguna dan Pak Edy Hartono, sang suami (kala itu mereka belum menikah) memberanikan diri untuk terjun ke bisnis kuliner. Hari ini, pengorbanan dan perjuangan mereka tersebut telah menampakkan hasil yang begitu memotivasi kita semua.

Inovasi Baru yang Membuat Mie Sagu "Naik Kelas"
Terletak di Jalan Putri Candramidi No. 10 Pontianak, inovasi terbaru dalam sejarah bisnis kuliner sepasang suami istri ini kembali dimulai. Eks Pondok Ale-ale ini kini disulap menjadi Bakso & Bakmi Pak Usu.

Ada menu spesial di sini, yaitu salah satu makanan legend di Kota Pontianak, mie sagu! Selain Bakmie Kepiting Halal Pertama di Pontianak, mie sagu menjadi sajian spesial di sini. Selain di rumah sendiri, saya biasanya menyantap mie sagu di pinggir jalan, di bawah terpal dan berdudukan kursi kayu panjang.

Mengapa spesial? Di Pak Usu, mie sagu seakan "naik kelas". Makanan berbahan baku mie dari tepung sagu ini bisa dinikmati di suasana restoran dengan konsep modern dipadukan dengan ikonik etnis Kalimantan Barat.
Di sini, kita masih bisa menyantap mie sagu dengan suasana ala pinggir jalan. Karena kami juga menyiapkan space di bekas parkiran samping, bagi yang tetap mau menikmatinya dengan suasana alam terbuka (outdoor).

Yenna Wiguna - Owner
Dari segi rasa, mie sagu di sini disajikan dengan bahan-bahan yang fresh sehingga tidak akan menurunkan kualitas rasa terbaik. Tekstur lembut dan kenyal pada mie, dipadukan dengan campuran ikan teri, kacang tanah, daun kucai, kecambah dan siraman semangkuk kuah kaldu, membuat santapan makanan legend ini tak sekadar mengenyangkan, melainkan juga memberikan manfaat bagi tubuh. Terlihat sederhana secara kasat mata memandang, namun sebagian orang mungkin tak menyadari bahan-bahan yang dipakai di dalamnya menyimpan banyak kandungan nutrisi. Sagu, daun kucai, kacang tanah, kecambah adalah makanan yang padat nutrisi.


Mie Sagu, Ayam Pak Usu, Kuliner Pontianak

Suasana Elite namun Harga Tetap Irit
Meskipun telah naik kelas karena masuk ke dalam menu utama salah satu restoran terbaik di Kota Pontianak, untuk menikmati mie sagu di sini tidak akan membuat kamu was-was ketika berhadapan dengan kasir. Seporsi mie sagu khas Pontianak ini hanya dibanderol dengan harga Rp 10.000,- (sudah termasuk pajak).

HAH!!?? SEPULOH RIBU!?? Wow!! Yang sedang pedekate dan ingin membawa si doi makan malam di tempat mewah, modalmu tak lebih dari Rp 50.000, Ferguso! Itu masih ada kembaliannya, bisa buat parkir dan modal nyepik minggu depan. Hahahaha.

Mie Sagu, Ayam Pak Usu, Kuliner Pontianak
Pelayan yang ramah dan dapur yang higienis
Dengan suasana pelayanan yang ramah, serta penyajian yang bersih dan higienis, Bakso & Bakmi Pak Usu bisa dijadikan tempat recommended untuk membawa tamu dari luar sembari menyantap Mie Sagu Khas Pontianak ini. Sebagai penyempurna hidangan, mie sagu juga bisa dinikmati dengan beberapa menu minuman khas Pontianak seperti es jeruk sengkit, es jeruk Pontianak hingga es lidah buaya.

Segera Download Ayam Pak Usu di Playstore untuk Akumulasi Poin

Mie Sagu, Ayam Pak Usu, Kuliner Pontianak

Sebelum berangkat ke Bakso & Bakmi Pak Usu, jangan lupa untuk download aplikasi Ayam Pak Usu di Playstore untuk mengumpulkan poin yang bisa ditukarkan dengan berbagai diskon harga. Selain itu, informasi mengenai Ayam Pak Usu bisa kalian dapatkan di aplikasi ini seperti galeri UMKM produk olahan Ayam Pak Usu, informasi agenda kuliner Kota Pontianak dan masih banyak lagi.

Untuk perhitungan poin dan teknis lainnya, silahkan klik gambar di bawah ini:

Mie Sagu, Ayam Pak Usu, Kuliner Pontianak

Bagi pencinta kuliner yang sudah tidak sabar untuk menghadiri Pontianak Creative & Culinary Festival 2019 yang dilaksanakan pada 16-20 Oktober 2019 di halaman parkir Megamall, berikut ini adalah rundown acaranya. Catat tanggal mainnya, jangan sampai kamu melewatkan agenda seru di setiap harinya.


CONVERSATION

4 komentar:

  1. Boleh gas tipis² kesana nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. gas full jak biar cepat sampainye. hahaha

      Hapus
  2. Rekomended lah pokoknya selain sehat menjadi kuliner favorit khas pontianak yang wajib dicoba ini mah. Terima kasih informasinya bang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. apalagi musim ujan nih. hangat2 sambil makan mie sagu, maknyos sekali lah dahhh

      Hapus

"Komentar yang baik akan menunjukkan pribadi yang baik pula."

Terima kasih telah berkunjung dan membaca tulisan ini. Bantu SHARE yaa jika berkenan. Silahkan centang beri tahu saya untuk berinteraksi lebih lanjut di kolom komentar.

Salam hangat,
Leemindo.com