USB OTG SanDisk, Solusi untuk Menghindari Kehilangan Data


Entah apa yang merasukimu hingga kau tega mengkhianatiku yang tulus menyimpanmu...

Loh, kok kalian bacanya sambil nyanyi? | Ini 'kan lirik lagu yang lagi viral itu. | Siapa bilang? Ujungnya beda lho

Leemindo.com Tolong yang bacanya sambil nyanyi, kedua tangannya dikondisikan. Saya tahu tangan kelen lagi gerak-gerak. Ibarat file yang sudah kepalang disimpan dan lagi sayang-sayangnya, tiba-tiba raib! Terasa gemuruh petir datang membuat dada berdegup, sambaran kilat membuat suasana semakin horor. Foto kesayangan yang sudah disimpan untuk cadangan gonta-ganti profil pictures, hilang karena memori error!

Menurut survei oleh DEKA yang dikomisikan oleh Western Digital Corp. berjudul Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survey, memori error/ malfungsi adalah salah satu penyebab hilangnya file di smartphone yang kita miliki. Sebanyak 22% responden mengalaminya.


Saat ini, smartphone memang menjadi barang primer dalam segala hal aktivitas keseharian kita. Bahkan menyimpan file pun sudah menggunakan smartphone. Kita lebih memilih terlambat ke kantor/ kampus karena kembali ke rumah daripada seharian tak bersamanya. Uhuy!

Fitur yang paling sering digunakan tentunya adalah pengambilan gambar. Mau makan, foto dulu; mau kerja, foto dulu; ada kebakaran, ya hubungi pemadam kebakaran. Haha!

Saya memiliki memori internal sebesar 64GB dan eksternal 128GB. Tapi kok masih kurang ya? Ya! Karena semakin besar memori yang kita miliki, semakin malas kita untuk membersihkan cache, file-file tidak penting yang datang dari whatsapp (gambar & video yang auto-download), bahkan foto yang blur pun tetap tersimpan. Hayo ngaku aja!

Smartphone pertama saya dulunya hanya memiliki kapasitas memori sebesar 16GB. Setiap malam sebelum tidur, saya sangat rajin menghapus foto, video yang otomatis masuk dari Whatsapp. Sekarang? Malas ah, memori gede kok!

Secara umum masyarakat Indonesia memiliki memori internal 16-32 GB. Ini dibuktikan oleh survei Western Digital yaitu sebesar 30% responden menggunakan kapasitas 16GB dan 26% memiliki memori 32GB. Tentu kapasitas ini tidak akan cukup untuk menampung simpanan foto dan video yang terus bertambah. Survei juga membuktikan bahwa lebih dari setengah responden mengatakan bahwa mereka hanya memiliki sisa memori 1-3 GB di smartphone mereka. Kapasitas terbatas ini menyebabkan mereka terpaksa menghapus data untuk mengosongkan kapasitas penyimpanannya.

Lama-kelamaan kita akan sadar bahwa memori tersebut akhirnya penuh juga! Rasa khawatir akan kehilangan file tersebut juga pasti ada mengingat semakin lama kinerja memori penyimpanan bisa saja akan semakin menurun. Munculnya notifikasi kepenuhan memori hingga virus yang tak sengaja masuk ke dalam smartphone akan membuat kita semakin was-was kehilangan data-data penting.

Gimana nih solusinya? Daripada #DibuangSayang, mendingan di-back-up di USB OTG #SanDiskAPAC

Selama ini saya mem-back-up data di memori smartphone yang hampir penuh ke PC. Video merupakan file terbesar yang sangat banyak memakan memori. Untuk memindahkannya tentu agak ribet karena menggunakan USB. Tidak mungkin juga bisa memindahkannya ketika berada di luar rumah. Gak mungkin PC-nya dibawa kemana-mana 'kan?

Nah, solusinya adalah USB OTG SanDisk. Tanpa mencari kabel tambahan atau menunggu pulang ke rumah, si mungil ini cukup disambungkan pada perangkat ponsel. Transfer File - Eject - BERES.

Perangkat kecil namun membuat kerja kita menjadi mudah dalam pindah memindah data ini memiliki berbagai variasi dari masalah model, harga hingga kapasitas penyimpanannya. Kita bisa berselancar ke Official Store SanDisk di Shopee untuk melihat ragam produk lebih lengkap.


Mengapa Harus USB OTG SanDisk?

SanDisk merupakan merk dagang yang telah dikenal kompeten dalam memproduksi berbagai media penyimpanan. USB OTG SanDisk bisa menjadi solusi dari produksi terbaik pada sisi kualitas, ketahanan dan beberapa keunggulan lainnya seperti kecepatan pemindahan data hingga 150MB/detik. Dari segi ketahanan body, meskipun mungil tetapi USB OTG SanDisk termasuk perangkat yang cukup kokoh dan desain yang unik. Perangkat ini juga memiliki kapasitas memori hingga 128GB. Yang paling penting adalah bahwa USB OTG SanDisk kompatibel untuk semua perangkat. USB OTG Sandisk 3.0 dapat bekerja langsung pada perangkat manapun, baik itu Windows Vista, Windows 7, Windows 8 hingga Mac OS 10.6.

CONVERSATION

26 komentar:

  1. Betul sekali itu bang. Ibarat lagi sayang-sayangnya tapi malah menghilang. sediihh...nanti mau beli juga deh Sandisk OTG nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Ga. Kalo kehilangan HP, yg paling disesali tentu datanya. Malah kadang saking hopeless nya, berharap yang kembali datanya, HP nya udah diikhlaskan. haha. Saking pentingnya dokumen, foto, dll nya karena momen2 itu sulit bahkan tidak bisa diulang kembali.

      Hapus
  2. Aduh jago ih infografisnya keren betul, USB OTG SanDisk wajib punya deh selain ukurannya kecil yang bisa dibawa kemana-mana bisa backup kapan pun, jadi gak khawatir kehabisan memori yaa. Terima kasih bang udah sharing :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama Siti. Memang yg buat unggul adalah bentuknya yg kecil, yang buat sangat simpel, kapan aja mau back up langsung bisa dilakukan. Jadi pas lagi butuh ruang kosong memori, tinggal colokin ke HP. gak perlu nyari2 laptop dan kabel2. hehe

      Hapus
  3. Wii aku suka banget sama infografis nya. USB OTG SanDisk ini emang penyelamat banget ya. Si mungil yang bermanfaat banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener Mbak. mungil-mungil tapi jago yaa buat jadi penyelamat. pas lagi butuh ruang kosong, USB OTG Sandisk menjadi pahlawan.

      Hapus
  4. Kujuga sdh pake SanDisk OTG Sekarang.. Alhamdulillah jd lebih praktis mindahin datanya hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wih, keren donk. Udah gak khawatir kehilangan data ya mbak. dan memori HP pun plong jadinya. hehe

      Hapus
  5. Betul itu, pakai USB OTG SanDisk bisa menjawab permasalahan data penuh pada hape.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Kak. membantu banget si kecil ini. haha

      Hapus
  6. Wah, sangat berguna banget ni min,, apalagi buat yg suka foto dan video..
    Boleh nanti beli ni min.
    Thanks ya min infonyaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan lupa kunjungi store resminya di shopee ya. Biar dpt barang yg ori dan ada garansi

      Hapus
  7. Dulu saya pernah kehilangan data-data penting di hp saya dan jumlahnya banyak. Ah nyesel banget pokoya. Padahal mau di pake buat uplod blog. Tapi sekarang udah cara cerdas mengatasi kehilangan data, yaitu dengan USB OTG dari sandisk. Sip deh pokonya, gak kuatir kehilangan data lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas. Susah ngembaliin mood utk mengambil foto2 yg sama. Udah gak semangat ya.

      Hapus
  8. Bener juga ya, semakin banyak kita punya memori smartphone yang gede, jadi malah bikin males backup atau bersih2 file. Lah wong mikirnya masih banyak kuota memorinya. Pas giliran tinggal sedikit, malah bingung soalnya yang kudu dibackup banyak bener.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha. Iya. Ya gitu, pas memori kecil rajin banget bersih2. Pas memori gede, begitu udah ngelag baru sadar. Dan udah bingung banget klo kebanyakan. Mau dihapus juga males milihnya 1 1. OTG sandisk sih emg solusinya.

      Hapus
  9. OTG Sandisk berguna banget klo buatku
    aku pake yang dual drive 32GB
    kerasa pas kalo lagi memori hp penuh heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget Mas. 32GB udah lumayan cukup lah ya utk back up data. Setidaknya memori bs luang utk sementara

      Hapus
  10. Massss, aku syedih banget tau, waktu smartphoneku yang lama mati total dan semua foto-foto dan video mantanku yang ganteng ikutan hilang. Waktu aku nangis, eh Pewe malah ketawa bahagia. Katanya sudah waktunya aku move on dari yang ganteng. Sebel banget kan, mana mau minta foto si ganteng udah gak bisa lagi. Andai dulu sudah ada USB OTG Sandisk, pasti deh aku backup data smartphone yang ada foto dia banyak-banyak biar kenangannya jadi abadi. Sekarang biar tak kehilangan lagi, akhirnya jadi rajin backup data

    BalasHapus
  11. Gak usah sedih mbak. Kan masih bisa stalking di IG nya. huahahahaha. Nanti saya bantuin eh supaya mas pewe nggak tau. Tapi emang menyesal sekali ya ketika kenangan berharga itu hilang sia-sia karena tidak diback-up. coba aja dari dulu sudah pake OTG SanDisk, pasti akan lain ceritanya. Saya jadi curiga, bisa jadi mas pewe yang hapus. Besok kita ke BPOM ya, untuk melaporkan tindak kriminal ini.

    BalasHapus
  12. Produk SanDisk bener2 berkualitas ya mas, aku punya SanDisk Ultra Dual Drive type 3.0
    Insyaallah bisa terhindar dari kehilangan data hehehehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, enak donk mbak. udah aman deh datanya. bisa back up kapanpun dan dimanapun

      Hapus
  13. Ini nih baru bener, "kecil-kecil cabe rawit, biar kecil tapi menggigit". Ingin kusegerakan beli OTG SanDisk! Thanks jugs untuk mimin infonya guna parah ;)

    BalasHapus
  14. bener banget jangan sampe data ilang, jadi buat jaga2 kudu sering back up, dan enak banget backup pake sandisk otg, tinggal colok hp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak. Gak perlu buka laptop, pake kabel. Ih ribet ya. Klo sandisk tinggal colok aja, beres dah. Haha

      Hapus

"Komentar yang baik akan menunjukkan pribadi yang baik pula."

Terima kasih telah berkunjung dan membaca tulisan ini. Bantu SHARE yaa jika berkenan. Silahkan centang beri tahu saya untuk berinteraksi lebih lanjut di kolom komentar.

Salam hangat,
Leemindo.com