Smartphone Limitless Gaming Hanya Ada di ASUS ZenFone Max Pro M1


Leemindo.com Jika melihat temanmu sedang asik dengan smartphone-nya dan tidak menghiraukan sekelilingnya, itu berarti FIX dia sedang bermain game. Haha. Bermain game di smartphone memang menjadi salah satu hobi utama generasi muda saat ini. Tujuannya tentu untuk menghilangkan rasa penat setelah belajar, membantu mengangkat mood untuk bekerja dan lain sebagainya. Namun tak sedikit pula yang akhirnya “kebablasan” hingga menjadikan bermain game penghambat dalam segala hal. Nah, kebiasaan ini jangan dicontoh ya.

Ngemeng-ngemeng masalah game, tentu kamu sangat membutuhkan perangkat yang mumpuni demi kelancaran dalam bermain. Betul apa betul? Ada beberapa yang harus diperhatikan ketika kita memilih sebuah smartphone untuk keperluan game diantaranya Processor, RAM, memori penyimpanan, baterai dan paling penting harganya terjangkau.

Nah, kelen jangan khawatir sekarang. Kenapa? Karena ASUS telah memperkenalkan kepada dunia -ceileh- sebuah smartphone canggih, pintar, powerful dan yang paling menarik adalah harganya terjangkau. Itulah yang dikatakan ASUS ketika secara resmi memperkenalkan ZenFone Max Pro M1 ke Indonesia, yang dibuat khusus untuk kelen-kelen yang setiap harinya memerlukan perangkat demi menopang hobi mencet-mencet layar itu. Hahaha.


Mengapa ZenFone Max Pro M1 ini wajib kamu coba? Karena fitur-fiturnya memang dibuat khusus untuk bermain game. ASUS menggunakan prosesor Snapdragon SDM636 yang sebenarnya telah diperkenalkan oleh Qualcommm pada 2017 lalu secara global. Prosesor ini disebut-sebut sebagai chip dari kelas medium tier namun memiliki fitur kelas premium dari generasi Snapdragon 800. Itulah yang membuatnya begitu spesial di hati pengguna. Yang lebih unik lagi, ASUS kali ini memperkenalkan ZenFone Max Pro M1 dengan sistem operasi Android Pure yakni Oreo 8.1, bukan dengan user interface ZenUI.

Ada 3 Fitur atau teknologi paling menarik yang ada di ZenFone Max Pro M1 dalam membantu kamu memiliki perangkat mumpuni untuk bermain game. Apa saja? Yuk kita bahas satu per satu.
Sistem operasi tentu menjadi hal penting demi kelancaran operasi perangkat ini. Tidak seperti perangkat sebelumnya, kali ini ASUS menggunakan sistem operasi Pure Android pada smartphone yang mereka buat. Seperti kita ketahui, ASUS sendiri memiliki sebuah custom UI yang mereka sebut dengan ZenUI. User Interface itu sejatinya selalu dipergunakan untuk memberikan identitas setiap perangkat pintar yang mereka luncurkan. Namun pada ZenFone Max Pro M1, ASUS sepertinya ingin mencoba hal baru. Tentu saja ini adalah langkah yang positif. 

Dalam sistem operasi Android 8.1. ini, ada beberapa sistem anyar di dalamnya yaitu:
1. Background Limit: Salah satu fitur kasat mata yang sangat membantu menghemat baterai smartphone pengguna. Aktivitas yang berjalan di background (latar belakang) OS terkadang bisa sangat menyedot daya smartphone dengan signifikan. Dengan adanya fitur ini, kamu tak khawatir lagi akan hal itu.

2. Booting yang lebih cepat: Google juga mengklaim Android Oreo adalah OS yang sangat powerful dan efisien. Bahkan, OS memiliki kecepatan booting 2x lipat lebih cepat dibandingkan OS generasi sebelumnya.  

3. Autofill: Fitur ini memungkinkan kita untuk login secara otomatis tanpa perlu mengetik password dan username lagi saat hendak login karena kita akan dikonfirmasi oleh Google, apakah ingin menyimpan username dan password untuk di save di Google menggunakan fitur autofill ini.  

4. Picture in Picture (PIP): Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memainkan dual aplikasi berjalan bersamaan dalam satu waktu.

5. Notification Dot: Adalah fitur sederhana yang memungkinkan pengguna mengetahui apabila ada pesan atau notifikasi yang masuk, melalui sebuah tanda berupa dot (titik) berwarna kuning yang terletak di pojok kanan aplikasi tersebut.  

6. Google Play Protect: Google juga meningkatkan keamanan toko aplikasi digital miliknya yakni Play Store. Google bakal mampu mendeteksi dan menghapus aplikasi berbahaya secara otomatis. Google mengatakan akan memindai lebih dari 50 miliar aplikasi per hari. 

7. Emoji: Google menghadirkan lebih dari 60 emoji baru di sistem operasi Android ini. Serta 30 emoji yang didesain ulang menjadi lebih menarik. 

8. Life Saver: Fitur ini intinya adalah membuat daya tahan baterai pada smartphone menjadi lebih panjang, meskipun Anda menggunakannya untuk berbagai kebutuhan seperti bermain, streaming, bekerja, dan lain-lain.  
ASUS ZenFone Max Pro M1 menggunakan processor Snapdragon 636 yang didampingi oleh RAM 3GB dan didampingi oleh kapasitas memori internal 32GB. ASUS juga merilis varian lain yang lebih tinggi spesifikasinya dari perangkat ini. Antara lain ada versi RAM 4GB dan media penyimpanan 64GB, serta satu lagi adalah versi 6/64GB.


Pada varian yang terendah saja (3/32GB), ZenFone Max Pro M1 sudah memberikan hasil kinerja yang baik ketika diuji menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark v.7.1.0. Seperti ditunjukkan pada gambar, perangkat ini memiliki skor 115635. Bagaimana dengan varian yang lebih tinggi? Tentu akan semakin memberikan kinerja yang lebih maksimal, bukan?
Siapa sih yang tidak terganggu ketika sedang asyik-asyiknya bermain, tiba-tiba lowbat. Ini tidak berlaku ketika kamu menggunakan ZenFone Max Pro M1. Smartphone ini mempunyai baterai 5.000 mAh yang juga sudah didukung dengan fitur quick charge 4.0. Saat diisi dari sekitar 5 persen hingga penuh, hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam 20 menit. Sementara ketika digunakan seharian penuh, baterainya mampu bertahan hingga 13 jam 50 menit. Dengan aktivitas pemakaian layar mencapai 11 jam 20 menit. Wow!
Di dalam tampilan ZenFone Max Pro yang ramping terdapat baterai li-polimer 5000mAh yang kuat yang didesain untuk memberikan performa yang maksimum. Dengan baterai besar, Anda melakukan semua kegiatan lebih lama, selama yang Anda inginkan tanpa harus takut kehabisan baterai. 

Nah, baru dari 3 fitur di atas saja sudah menunjukkan begitu gaharnya smartphone ini. Eittss, tunggu dulu. Masih banyak fitur tambahan lainnya pada perangkat ini. Mari kita kembali menyimak satu per satu.

1. Infinity Display dan Bezeless



Penggunaan infinity display atau Fullview dengan aspek rasio layar 18:9, memanglah memiliki daya tarik tersendiri. Secara penampilan, fullview desain sangat menarik dan kekinian. ZenFone Max Pro M1 pun demikian, bentang layar yang digunakan adalah 5,99 inci. Namun sebenarnya ukuran bodinya 5,5 inci. Ukuran layarnya mampu ditarik menjadi lebih besar berkat teknologi fullview tersebut.
Ekspresi kemenangan ketika bermain game tanpa lag dan lowbat 
ZenFone Max Pro dibuat dengan metal yang kuat dan menggunakan teknik curved display 2.5D. Bodi yang tipis dan ringan membuatnya sangat elegan dan nyaman digenggam dengan bobot hanya 180 gr dan dimensi mencapai 159 x 76 x 8.46 mm. Dengan fitur unlock yang terletak di bagian belakang, membuat kamu lebih mudah untuk mengaksesnya.
Pengalaman visual pada ZenFone Max Pro sangatlah memukau karena dilengkapi dengan layar FullView yang membuat Anda dapat melihat konten dengan layar yang lebih besar. ZenFone Max Pro membuat foto, video atau konten lainnya terlihat lebih bagus dan jernih. Dengan ZenFone Max Pro, segala sesuatu menjadi lebih jernih, terang dan besar!
2. Kamera

ASUS memberikan dua kamera belakang untuk smartphone keren yang satu ini. Dengan posisi vertikal, ASUS menempatkan posisi kamera paling atas sebagai rear camera beresolusi 13MP, berbukaan lensa f2.0 dan kamera keduanya 5MP. Fungsi dual camera ini agar mampu menciptakan foto bokeh. Ada pula bermacam fitur seperti phase detection auto focus dan LED flash. Untuk versi RAM 6GB/64GB, diberikan kamera depan maupun belakangnya sebesar 16MP. Pada kamera depan, ada lensa dengan resolusi 5MP untuk berselfie ria.

ZenFone Max Pro memiliki sistem dual kamera yang canggih yang membawa fotografi mobile ke tingkat yang lebih tinggi. Kamera Belakang dapat melakukan fokus ke suatu objek hanya dalam satu kedipan mata. Selain itu kamera ZenFone Max Pro juga memiliki sensor resolusi tinggi dengan lensa wide yang dapat mengambil foto dengan lebih jelas setiap saat. ZenFone Max Pro menangkap video pada resolusi 4K UHD - 4 kali lebih baik dari Full HD! Tidak ada yang rumit untuk Anda lakukan: cukup arahkan, ambil dan bagikan kenangan Anda, semua ditangkap dengan tingkat detail yang luar biasa.

Beberapa pilihan mode juga tersemat pada kamera perangkat ini antara lain Mode Auto, HDR Mode (High Dinamic Range), Potrait Mode (Bokeh) dan Flower Mode.

3. Harga dan Pilihan Warna



Dengan kemampuan yang tidak diragukan lagi dari ZenFone Max Pro M1 ini, tentu kita akan bertanya-tanya, berapa nilai yang harus dibayar untuk smartphone canggih ini? Berikut adalah daftar harga ASUS ZenFone Max Pro M1 di pasaran Indonesia dengan 2 varian warna yaitu deepsea black dan meteor silver.

1. Rp 3.299.000,- (ASUS ZenFone Max Pro M1 RAM 6GB, ROM 64GB, Kamera Utama 16MP+5MP, Kamera Depan 16 MP)

2. Rp 2.599.000,- (ASUS ZenFone Max Pro M1 RAM 4GB, ROM 64GB, Kamera Utama 13MP+5MP, Kamera Depan 8 MP)

3. Rp 2.199.000,- (ASUS ZenFone Max Pro M1 RAM 3GB, ROM 32GB, Kamera Belakang 13MP+5MP, Kamera Depan 8MP)

SPESIFIKASI LENGKAP ASUS ZenFone Max Pro M1

Model
ZenFone Max Pro M1 (ZB602KL)
Display, Resolution
Full HD+ 2.160 x 1.080 pixel, 18:9 Full View Display 
2.5D curve glass with 450nits
SoC Processor
CPU 
Qualcomm Snapdragon 636 8x (octa-core) 14nanometer  Kryo 260 CPU up to 1.8GHz
GPU
Qualcomm® Adreno™ 509 GPU                  
Memory
RAM/Storage
LPDDR4 3GB RAM , 32GB ROM
LPDDR4 4GB RAM , 64GB ROM
LPDDR4 6GB RAM , 64GB ROM
Supports up to 256GB MicroSD, 100GB Google Drive (free 1 year)
Camera System
Rear (main) Camera
13MP / 16MP with f/2.0 Aperture, Phase Detection Auto Focus, LED flash
Rear (wide)
                Camera 
5MP / 8MP 120o wide-angle camera for 200% wider view for bokeh effect
Front camera
8MP / 16MP, LED flash
Camera feature
PixelMaster 4.0 camera mode:

Beauty, Auto (with HDR features), Selfie Panorama, GIF Animation
Wireless
WLAN 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.2, Wi-Fi direct
Sensor
Rear fingerprint sensor (0.3 seconds unlock, supports 5 fingerprints), Face Recognition, Accelerator, E-Compass, Proximity, Ambient Light Sensor, Gyroscope
SIM card and SD slot
Triple Slots: dual SIM, one MicroSD card
Slot 1: 2G/3G/4G Nano SIM Card
Slot 2: 2G/3G/4G Nano SIM Card
Slot 3: Supports up to 256GB MicroSD card
Both SIM card slots support 3G WCDMA / 4G LTE network band. But only one SIM card can connect to 4G LTE service at a time.
Network
FDD-LTE, TD-LTE, WCDMA, GSM Data rate:
DC-HSPA+ (DL/UL): 42/5.76 Mbps; LTE CAT 7 (DL/UL): 300/150 Mbps, 3CA support
GPS
GPS, AGPS, Glonass, BDS
OS
Pure Android 8.0 Oreo 
Battery
5.000mAh capacity with fast charging, ASUS PowerMaster technology, 2x longer battery lifespan, up to 35 days 4G standby, up to 42 hours 3G talk time, up to 20 hours video playback, up to 28 hours Wi-Fi web browsing
Audio / Microphone
Loud speaker, PMIC internal amplifier, Dual internal microphones with ASUS Noise Reduction Technology, FM Receiver
Size / Weight
159 x 76 x 8.46 mm / 180 grams
Color
Deepsea Black and Meteor Silver

CONVERSATION

2 komentar:

"Komentar yang baik akan menunjukkan pribadi yang baik pula."

Terima kasih telah berkunjung dan membaca tulisan ini. Bantu SHARE yaa jika berkenan. Silahkan centang beri tahu saya untuk berinteraksi lebih lanjut di kolom komentar.

Salam hangat,
Leemindo.com