Menyelisik Kampung Berseri Astra di Sungai Jawi, Pontianak


Leemindo.com Indonesia merupakan negara yang sangat luas. Bagi saya, untuk membangun negeri yang gemah ripah loh jinawi ini, tak cukup dengan beberapa "tangan dingin" saja. Perlu banyak tetesan ide dan kontribusi langsung dari anak-anak bangsa yang bisa mencerahkan kemana arah kemajuan negeri kita. Jika kalian setuju, tak perlu berpikir sejauh kita membayangkan bagaimana kiprah pemimpin negara yang membangun hingga ke pelosok Kalimantan atau Papua secara merata. Cukup melihat sisi kiri kanan lingkungan kita, apakah sudah lebih baik dari beberapa aspek kehidupan?

Belum. Di lingkungan saya sendiri, nyata belum.

Beberapa tahun belakangan, sebagai salah seorang Blogger yang kebenaran eh kebetulan, bekerjasama dengan Astra dalam berbagai kegiatan, mulai mendapat sedikit pencerahan dan penegasan siapa saja yang bisa membantu kami membangun sebuah daerah.

Tentang Kampung Berseri Astra

Kampung Berseri Astra merupakan program Kontribusi Sosial Berkelanjutan Astra yang diimplementasikan kepada masyarakat dengan konsep pengembangan yang mengintegrasikan 4 pilar program yaitu Lingkungan, Kesehatan, Pendidikan, dan Kewirausahaan.

Melalui program Kampung Berseri Astra ini masyarakat dan perusahaan dapat berkolaborasi untuk bersama mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas dan produktif sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah Kampung Berseri Astra.

Dalam menentukan dan memilih calon Kampung Berseri Astra (KBA) terdapat beberapa tahapan yang harus dilewati, antara lain:
1. Koordinasi Perusahaan Grup Astra
2. Pembentukan Tim Kampung Berseri Astra
3. Koordinasi dengan Pemerintah Daerah
4. Social Mapping
5. Penentuan Lokasi Kampung Berseri Astra

Dalam menentukan lokasi, tentu harus memenuhi syarat yang ditetapkan oleh Astra. Ada 4 sektor yang harus terpenuhi, yaitu Lingkungan, Kesehatan, Pendidikan, dan Kewirausahaan.


Hari itu Pontianak sedang diguyur hujan. Kami, dari beberapa anggota Blogger Pontianak sudah merencanakan untuk berkunjung ke Kampung Berseri Astra Sungai Jawi, yang telah berdiri dari 2016 lalu. Dengan akses yang tak begitu jauh dari titik kumpul, kami memutuskan untuk menerobos rintik hujan karena khawatir dengan hari yang semakin sore.

Saya, Teguh, Ero, Asmirno, Tri dan Oliv pun bergegas menuju KBA Sungai Jawi ketika hujan hampir menyelesaikan tugasnya. Namun apa yang terjadi, kami terguyur lagi ketika mulai masuk ke kawasan KBA. Berteduh menjadi satu improvisasi yang tak perlu koordinasi.

LINGKUNGAN

Difoto oleh: Teguh | Kami disambut dengan tulisan Pelopor Safety Riding, sejalan dengan tagline Astra saat ini, #CariAman
Sekitar 20 menit berteduh, kami mulai mengabadikan branding Astra dalam bentuk mural di dinding lapangan sepakbola. Disana, beberapa landmark Pontianak digambarkan dengan seni lukis semprotan itu. Ada Bandar Udara Internasional Supadio, Masjid Raya Mujahidin, Tugu Khatulistiwa, Keraton Kadriyah dan masih banyak lagi.

Difoto oleh: Trimotto
Di sekeliling kawasan ini, segala hal tentang informasi, disiapkan oleh Astra dengan template yang telah disediakan seperti nama gang, direktori, dan tentunya titik-titik fokus Astra dalam program Kampung Berseri.
Difoto oleh: Ero | Jika kamu bertanya perihal jodoh, saya tak bisa membantu. Tapi jika kamu tanya alamat, semua ada di sini.
Dari sektor lingkungan, Astra membuat suasana ramah dan nyaman ketika memasuki Kampung Berseri ini. Banyak spot instagramable yang tentu digandrungi para "selebgram" untuk mengabadikan foto terbaiknya ketika berkunjung ke sini.

KESEHATAN
Difoto oleh: Siti Mustiani
Di wilayah Margo Indah, TOGA (Tanaman Obat Keluarga) menjadi pilihan warga untuk sektor kesehatan dalam Program CSR Astra ini. Membudidayakan Toga tidaklah sulit. Selain dengan menyediakan lahan kosong yang luas, tanaman-tanaman ini juga bisa ditanam di depan rumah menggunakan polybag atau kaleng-kaleng bekas. Selain Toga, di sini juga terdapat Posyandu, yang mereka namai Posyandu Peduli Bangsa.


PENDIDIKAN

Kampung Berseri yang terletak di Kecamatan Pontianak Kota ini, memiliki sebuah Perguruan Pencak Silat bernama Wekasan Suprih Ngudi Tunggal. Pencak silat sendiri adalah bela diri asli Indonesia. Tak ada yang tahu pasti kapan pencak silat mulai didirikan. Namun, dalam berbagai referensi dinyatakan pencak silat mulai menyebar pada abad ke tujuh Masehi. Pencak silat mempunyai keistimewaan tertentu dibanding bela diri lainnya yang salah satu paling menonjol adalah pada gerakannya. Dalam pencak silat, gerakan gerakan yang ditunjukkan hampir seperti tarian. Hal ini membuat pencak silat menjadi beladiri yang enak ditonton dan dipelajari.

Difoto oleh: Siti Mustiani
KEWIRAUSAHAAN

Sektor terakhir yang dikunjungi oleh rombongan Blogger Pontianak ini adalah Kewirausahaan. Salah satu produknya adalah opak singkong. Olahan dengan bahan baku ubi kayu ini dikemas dalam sebuah plastik dengan 5 varian rasa. Anda bisa membayangkan bagaimana gurihnya olahan ini. Bisa untuk menemani ketika bersantai, nonton TV dan kegiatan suntuk lainnya. Haha. Saya lebih suka mencicipi rasa balado, karena lebih terasa bumbunya.

UMKM Indah adalah kelompok kerja yang mengolah makanan ringan ini. Ubi/ singkong merupakan bahan baku yang tidak sulit untuk dibudidayakan. Di tanah negeri yang terkenal subur ini, batang ubi yang tak sengaja jatuh ke tanah saja, dapat tumbuh subur. Kekayaan inilah yang menjadi kebanggaan bagi saya lahir di negeri ini.

Difoto oleh: Siti Mustiani
Dengan matahari yang sudah ingin meninggalkan tugasnya hari itu, kami pun bergegas pulang ke rumah masing-masing. Kami berharap, suatu saat nanti bisa berkunjung kembali di Kampung Berseri Astra Pontianak, namun di wilayah dan suasana yang berbeda. Melalui program KBA ini, masyarakat dan perusahaan dapat berkolaborasi untuk bersama mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah KBA. Dengan demikian, semakin banyak KBA di satu wilayah, maka semakin banyak pula masyarakat yang terbantu oleh program ini.

Semoga.

CONVERSATION

2 komentar:

  1. ow, di pontianak juga ada toh.
    Jadi pengen juga maen2 ke KBA sana, karena tiap KBA ciri khasnya beda.

    BalasHapus

"Komentar yang baik akan menunjukkan pribadi yang baik pula."

Terima kasih telah berkunjung dan membaca tulisan ini. Bantu SHARE yaa jika berkenan. Silahkan centang beri tahu saya untuk berinteraksi lebih lanjut di kolom komentar.

Salam hangat,
Leemindo.com