Ketapang Kalimantan Barat, Tujuan Wisata yang Sepi namun Menarik


Leemindo.com Salah satu destinasi wisata di Indonesia yang mungkin belum begitu terekspos adalah wilayah Kalimantan. Namun, tahukah kamu jika pulau yang berbatasan dengan negeri Jiran ini ternyata menyimpan segudang tujuan wisata yang sangat menarik! Coba deh sempatkan diri untuk cari-cari tiket ke Pulau Kalimantan, khususnya Kalimantan Barat. Kamu bisa pilih maskapai penerbangan Aviastar untuk dapat tiket murah ke sana.

Rekomendasi destinasi wisata yang masih cukup sepi namun menarik di pulau tersebut adalah provinsi Kalimantan Barat, tepatnya di Kabupaten Ketapang. Penasaran dengan beragam tempat menarik di sekitar Ketapang, Kalimantan Barat? Yuk! Lihat daftar berikut ini.

Daftar Tempat Menarik di Sekitar Ketapang

Pantai Tanjung Belandang
sumber: vebma.com
Wilayah Ketapang cukup didominasi oleh pantai. Jadi, tidak perlu heran jika kamu bakal menemukan wisata pantai lagi dan lagi. Berjarak sekitar 12 kilometer dari Kota Ketapang, pantai ini tidak hanya menawarkan pemandangan alam saja tetapi juga beragam kegiatan. 17 Agustusan misalnya, di sana sering diadakan hiburan rakyat, salah satunya Pesta Air. Kemudian, terdapat pula kegiatan seperti motor-race Grasstrack serta olahraga-olahraga seperti voli dan lainnya.

Pulau Sempadi
sumber: panoramio.com
Pulau ini adalah salah satu destinasi wisata yang paling menarik dan paling terkenal di kalangan pecinta alam dan fotografer. Lokasinya cukup jauh dari kota. Yang unik dari pulau ini adalah masih terdapat banyak tumbuhan langka, burung-burung endemik serta tentu saja pemandangan asri nan alami! Pokoknya cocok banget buat pecinta fotografi yang ingin cari objek-objek foto yang sangat jarang ditemukan.

Pulau Sawi
sumber: borneochannel.com
Sesampainya di Ketapang menggunakan Aviastar, saran terbaik adalah prioritaskan untuk segera lanjutkan perjalanan ke Pulau Sawi terlebih dahulu. Mengapa? Jaraknya cukup jauh dari Ketapang. Kemudian, tentu saja, alamnya yang indah menjadi faktor penting. Selain itu, kamu juga bisa menikmati wisata edukasi bertema bahari karena kawasan tersebut dikelola oleh pemerintah setempat serta masyarakat di sana. Terdapat cagar alam serta area konservasi penyu langka. Oh ya, Pulau Sawi juga menawarkan pengalaman seperti sedang berada di “pulau pribadi”.

Untuk mencapai lokasi Pulau Sawi, kamu bakal dibawa dengan “kapal klotok” dari Sungai Tengar menuju pulau. Di sana kamu bisa snorkeling sepuasnya!

Makam Tanjungpura
sumber: humas.ketapang.go.id
Situs ini merupakan salah satu ikon kota Ketapang. Biar sah ke kota tersebut, kamu mesti mampir kesana! Sebagai informasi saja, Ketapang memang tidak bisa dipisahkan dengan makam-makan raja karena memang pernah berjaya di zaman kerajaan. Area ini memang cukup mistis dengan beragam sejarah yang dapat kamu dengarkan dari tour-guide. 


Taman Nasional Gunung Palung
sumber: Cam Webb - mongabay.co.id
Kembali ke wisata alam, Taman Nasional Gunung Palung adalah kawasan hutan tropis terbaik serta paling luas yang ada di Kalimantan. Bahkan, kawasan ini tidak terganggu oleh aktivitas manusia. Terdapat beragam jenis spesies langka dan tentu saja tumbuhan hijau. Kawasan tersebut juga sering ditutupi kabut. Terbentang seluas 90.000 hektar, kawasan Taman Nasional Gunung Palung bakal bikin kamu terpesona dan berdecak kagum!

Bicara kota Ketapang dan sekitarnya tentu saja tidak hanya sampai di 5 destinasi yang disebutkan di atas saja. Ada masih banyak lagi tempat menarik di sekitar Ketapang. Misalnya saja Tugu Ale-Ale yang memang menjadi ikon lain wilayah tersebut, dan juga dapat menikmati keindahan alami pantai serta pulau lainnya yang ada disini. Jika berencana untuk mengelilingi Ketapang dan Kalimantan Barat, ada baiknya untuk sediakan waktu liburan yang cukup panjang. Jangan lupa untuk pesan jauh-jauh hari tiket pesawat Aviastar untuk langsung sampai di Ketapang, Kalimantan Barat.

CONVERSATION

2 komentar:

  1. Bagus, aseliiiiik. Itu nama Ketapang hampir sama kayak di Banyuwangi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yohaa.. Ketapang adalah salah satu kabupaten di Kalimantan Barat. Jarakya jauh banget dari Pontianak. Tapi skrg sudah bisa pake pesawat. hehe

      Hapus

"Komentar yang baik akan menunjukkan pribadi yang baik pula."

Terima kasih telah berkunjung dan membaca tulisan ini. Bantu SHARE yaa jika berkenan. Silahkan centang beri tahu saya untuk berinteraksi lebih lanjut di kolom komentar.

Salam hangat,
Leemindo.com