Kontingen Kalbar Bawa Pulang 5 Piala Pentas PAI Nasional 2017 di Aceh


Leemindo.com Alhamdulillah waa syukurillah, rombongan kontingen Kalimantan Barat dalam Pentas PAI 2017 sudah pulang ke rumah masing-masing. Pada tahun ini, Pentas PAI (Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam) Tingkat Nasional ke-VIII diselenggarakan di Provinsi Aceh pada 9-13 Oktober 2017.


Pada 8 Oktober 2017, kami menempuh perjalanan yang cukup melelahkan karena harus transit 3 kali untuk sampai ke Aceh. Dimulai dari Supadio pada pagi hari, kami menuju ke Bandara Hang Nadim, Batam. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan ke Bandara Kuala Namu, Medan. Di Medan, kami dihadapkan dengan sebuah kesalahan teknis dari maskapai penerbangan yang mengakibatkan belasan orang harus menunggu di bandara.

Rombongan kami pun terbagi 2. Saya berada dalam penerbangan pertama sedangkan belasan lainnya harus menunggu hingga malam hari untuk bertolak ke Aceh. Menjelang maghrib, saya dan rombongan pertama sudah sampai di Bandara Sultan Iskandar Muda, Aceh dan langsung menuju ke penginapan sedangkan rombongan kedua sampai pada tengah malam.

Rombongan Kalimantan Barat disambut oleh tuan rumah di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda 

Pembukaan Pentas PAI 2017 dilaksanakan pada 9 Oktober 2017 di Taman Ratu Safiatuddin, dibuka oleh Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin dan ditutup oleh parade perwakilan kontingen seluruh provinsi.

Total, ada 1200 peserta dari tingkat SD/SMP/SMA/SMK yang telah siap mengikuti seluruh cabang lomba yaitu MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur'an), MHQ (Musabaqah Hifdzil Qur'an), Pidato PAI, Cerdas Cermat PAI, Kaligrafi Islam, Debat, Nasyid dan Kreasi Busana.

Kalimantan Barat mengikuti 6 dari 8 cabang yang dilombakan. Kaligrafi dan Lomba Debat adalah 2 kategori yang tidak diikutsertakan.

Technical Meeting seluruh cabang lomba dilakukan pada tanggal 10 Oktober 2017, dimulai pukul 10.00 pagi dan penyisihan dilaksanakan pada siang harinya mulai pukul 13.00 WIB. Pada 11 Oktober pagi, ada beberapa cabang lomba yang masih harus menyelesaikan babak penyisihan. Siang harinya, pengumuman 10 besar pun dilakukan. Dari seluruh cabang yang diikuti, 7 peserta Kalimantan Barat berhasil melanjutkan perjuangan di babak final (10 besar).

Daftar Finalis (10 besar) asal Kalimantan Barat:
1. Abang Nabil Putra Setiawan (MHQ SD Putra)
2. Malikah Khaira Khalqillah (MTQ SD Putri)
3. Maghfirah Izzani Nurmavida (Pidato SD Putri) 
4. Syahida (MTQ SMP Putri)
5. Muhammad Raihan Jamil (MTQ SMP Putra)
6. Khairunnisa (MTQ SMA Putri)
7. Heba Sukmaraga Heru Rakasiwi (Kreasi Busana SMA/SMK)

Hanya selang beberapa jam, babak final pun dilaksanakan. Hasilnya, 5 orang dari 7 finalis pada 3 cabang lomba berhasil memberikan gelar juara untuk Kalimantan Barat. Di cabang Musabaqah Hifdzil Qur'an (MHQ) tingkat SD Putra, Abang Nabil Putra Setiawan (SD Negeri 9 Pontianak) mendapat juara harapan 3. Syahida, asal SMP Negeri 1 Sambas mendapatkan Juara Harapan 2 di cabang MTQ Putri tingkat SMP. Di MTQ tingkat SMA Putri, Khairunnisa (SMA Negeri 1 Teluk Pakedai, Kubu Raya) mendapatkan juara harapan 1. Gelar tertinggi yang diraih Kalimantan Barat adalah juara 3 MTQ tingkat SD kategori putri oleh Malikah Khaira Khalqillah asal SD Negeri 7 Pontianak. Kalbar juga mendapat Juara Harapan 1 di cabang Pidato Putri tingkat SD oleh Maghfirah Izzani Nurmavida (SD Islam Al-Azhar Pontianak).

Abang Nabil Putra Setiawan (MHQ SD Putra)
Malikah Khaira Khalqillah (MTQ SD Putri)
Maghfirah Izzani Nurmavida (Pidato SD Putri)
Syahida (MTQ SMP Putri)
Khairunnisa (MTQ SMA Putri)
Daftar Juara yang diraih Kontingen Kalimantan Barat:
1. Juara Harapan 3 MHQ SD Putra - Abang Nabil Putra Setiawan (SD Negeri 9, Pontianak)
2. Juara 3 MTQ SD Putri - Malikah Khaira Khalqillah (SD Negeri 7, Pontianak)
3. Juara Harapan 1 Pidato SD Putri - Maghfirah Izzani Nurmavida (SD Islam Al-Azhar, Pontianak)
4. Juara Harapan 2 MTQ SMP Putri - Syahida (SMP Negeri 1, Sambas)
5. Juara Harapan 1 MTQ SMA Putri - Khairunnisa (SMA Negeri 1 Teluk Pakedai, Kubu Raya)



Hasil ini diumumkan pada malam penutupan yang dilaksanakan pada 13 Oktober 2017. Tuan rumah (Provinsi Aceh) berhasil menjadi Juara Umum pada ajang nasional 2 tahunan ini dengan total 18 gelar juara.
Selamat kepada adik-adik yang berhasil mengharumkan nama Kalimantan Barat di tingkat nasional. Semoga kita dapat bertemu kembali di lain kesempatan dalam keadaan yang lebih baik, tetap menjadi yang terbaik untuk keluarga, lingkungan dan kebanggaan semua orang. Kalian semua adalah pemenang. Jangan pernah menyerah dan teruslah berusaha. Sampai jumpa di lain kesempatan!!

CONVERSATION

4 komentar:

  1. Alhamdulillah selamat atas keberhasilan yang telah membawa nama baik kalbar, semoga dengan keberhasilan dalam ajang ini dapat meningkatkan semangat juang bagi generasi muda,
    artikel nya membantu 😀😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat juga buat Trio. Semoga di lain kesempatan dpt meraih prestasi demi prestasi. Jangan galau. Jodoh tak lari kemane2. Hahaha

      Hapus
  2. Luar biase hasil dan perjuangannye...kedepan semoge lebeh mantap lagi

    BalasHapus
  3. Luar biase hasil dan perjuangannye...kedepan semoge lebeh mantap lagi

    BalasHapus

"Komentar yang baik akan menunjukkan pribadi yang baik pula."

Terima kasih telah berkunjung dan membaca tulisan ini. Bantu SHARE yaa jika berkenan. Silahkan centang beri tahu saya untuk berinteraksi lebih lanjut di kolom komentar.

Salam hangat,
Leemindo.com