Yuk Belajar Lettering bersama Pontianak Handlettering Class!



Leemindo.com Pernah liat tulisan-tulisan indah di dinding-dinding cafe? Atau biasa dituang di dinding jalan dan gedung? Tulisan-tulisan itu dirangkai indah pada banyak media dengan kolaborasi banyak jenis font dan warna. Nah, tau gak itu namanya apa? Ya! Namanya Handlettering Art. 

Ternyata jenis tulisan atau bahasa kerennya font itu punya ‘sifat’ lho. Tidak semua font cocok dipakai misalnya di billboard, papan tulis, dan dinding. Tergantung ‘sifat’ nya masing-masing. Ada font yang basic yang lebih formal dan ada juga yang kece (bukan kecepian kayak jomblo-jomblo itu) yang tentunya fun. Kalau font-font ini dikreasikan, maka hasilnya akan Keren gak abis!

Handlettering ini biasa dipakai buat menyampaikan pesan hasil rangkaian indah dari 26 karakter huruf. Lettering ringkasnya adalah seni menggambar huruf, jadi mulai dari jenis font sampai ke komposisi peletakan kata juga diperhatikan supaya bisa jadi hasil gambar yang indah. Sebenarnya kalau kita ingat nih, dulu waktu SD kita diajarkan tuh lettering, belajar nulis abjad satu persatu yang lama kelamaan jadi otomatis bisa nulis dengan jenis huruf alias font yang konsisten. Tapi ada yang berhasil (tulisannya rapi banget) dan ada juga yang yaa, gagal sih nggak lah ya, cuma agak ‘miring sana miring sini-alias-berseni’ gimana gitu. Hehe. 


Proses Membuat Handlettering

Nah, kalau kita latih satu-persatu jenis font itu maka bakalan jadi Handlettering Artist. Apalagi ditambah dengan menemukan style sendiri, bakalan eksklusif dan beneran kece pastinya. And for your information nih ya. Lettering itu bisa jadi ‘ladang uang’ lho. Gak percaya? Ya udah. Eh. wkwkwk. Yuk deh lanjut bacanya.

Banyak pelaku usaha, band-band indie, dan banyak lagi baik kelompok maupun perseorangan yang minta dibuatkan misalnya: logo, tagline, merchandise, mural, dan banyak lagi dengan khas lettering pastinya. Dan semua itu pasti ada biaya jasanya. DUIT. Hahaha.

Berapa harganya? Wuih, Bagus sekali pertanyaannya. Nih, saya jawab. Pastinya, jasa harganya cuma handlettering artist, konsumen, dan Tuhan yang tahu. Hehe. Namanya juga jasa, ya hitung-hitungannya nggak bisa sama dengan yang lain.

Tapi ada juga yang menjadikan lettering sebagai media berekspresi, sejalan dengan hobi dan minatnya. Jadi setiap pesan yang ingin diungkapkan, bisa disampaikan dengan cara yang indah dan informasinya dapet.

Jadi sebenarnya belajar lettering itu ‘gampang’ banget. Asal mau belajar dan terus latihan aja. Practice makes perfect. Belajarnya juga bisa dari mana aja. Apalagi sekarang. Di internet banyak sekali tutorialnya.


Coba deh buka youtube, trus ketik Handlettering for Beginner. Taraa. Bakalan muncul video-video tutorial yang bisa kamu ikutin. Cuma modal kuota doang. Atau modal teh es satu gelas, soalnya wifi-nya gratis. (Dasar gak modal. huahahaha...)

Kalau bosan belajar sendirian, karena memang yang sendirian itu membosankan *eh. Kamu bisa cari komunitas-komunitas lettering, banyak kok. Kalau di Pontianak nih ya, ada @Khatulistangan (cek deh di Instagram). Isinya orang-orang yang sama-sama suka lettering. Ada yang udah jago, ada juga yang masih baru-baru. Malahan ada yang masih 0 sama sekali. Taunya cuma megang pensil doang. Hehe.
Hasil Karya Anggota Handlettering Class Pontianak

Tapi tentu ada kekurangannya, kalau di komunitas gitu materinya gak sistematis dan didampingi atau tidaknya tergantung kedekatan kita dengan yang udah pada jago-jago tuh. Ya kalo nggak pandai-pandai, yang ada malah tiap kali Pen Meet Up (istilah kopi darat-nya) bakalan cuma liatin yang tuh jago-jago nge-lettering. Bukannya belajar malah nonton. Kan jadi Baper.

Nah, beruntunglah kamu yang berdomisili di Pontianak dan sekitarnya. Disini udah ada wadah buat kamu yang mau belajar banyak soal lettering. Namanya Pontianak Handlettering Class. Disini kamu akan diajarkan dari 0, dari yang super basic dalam lettering dan dibimbing intens selama 10x pertemuan reguler dengan durasi kurang lebih 3 jam. (diluar jam itu boleh juga kok). Lokasinya di Seni Letter Studio, Jl. Purnama Dua, Gg. Purnama Sutera, No 1 A  (gak jauh dari Canopy Center). Klik aja ini buat tanya-tanya: Info Pontianak Handlettering Class

Tutor-tutornya juga udah pada jago, jadi nggak perlu khawatir deh, bakalan dibimbing sampai pelaminan minimal bisa basic-nya dulu. Karena itu yang penting. Ini nih daftar tutor yang bakalan kamu temui di Kelas Lettering bersama Pontianak Handlettering Class:

1.    Zulfian (Bang Zul) - @zulfianrahman
2.    Fikry (Bang Fik) - @fikryalfatih
3.    Danu (Dudun) - @danoesetianto
4.    Neila (Kak Ney) @nn.neila

Pontianak Handlettering Class selalu buka kelas baru setiap bulannya. So, pantengin terus kita di IG ya di @ptkhandletteringclass

Dan ada kabar gembira nih, tapi ini buat siapa cepat aja ya. Bulan ini Kelas Baru bakalan kita buka.
So, mau daftar sekarang apa besok? Sekarang aja. Ntar kalau kelasnya full, akhirnya menyesal. Karena kelasnya cuma muat 20 orang aja nih.

Daftarnya gampang kok,
Kirim: (Nama - akun fb/IG) ke WhatsApp Fadhil (0857-8723-8628)
atau Klik aja ini: Info Pontianak Handlettering Class

Tertarik? Sampai ketemu di Pontianak Handlettering Class ya!

CONVERSATION

1 komentar:

"Komentar yang baik akan menunjukkan pribadi yang baik pula."

Terima kasih telah berkunjung dan membaca tulisan ini. Bantu SHARE yaa jika berkenan. Silahkan centang beri tahu saya untuk berinteraksi lebih lanjut di kolom komentar.

Salam hangat,
Leemindo.com