Arti dan Fungsi Domain Authority & Page Authority


Leemindo.com DA dan PA adalah sesuatu hal yang paling sering muncul ketika berbicara tentang blogging. Nah, saya mencoba mencari informasi tentang DA PA ini untuk tambahan referensi teman-teman. Berbicara mengenai masalah DA dan PA tentunya akan berhubungan erat dengan yang namanya Teknik SEO, karena DA dan PA ini akan menentukan kualitas dari sebuah situs website atau blog kita di search engine. Nilai dari Domain Authority atau DA dan Page Authority atau PA dari setiap blog atau website akan berbeda-beda bahkan sama antara blog satu dengan yang lainnya. Satu hal yang perlu dicatat, bahwa search engine seperti Google sangat menyukai blog atau website yang ber-DA dan PA tinggi. sebelum memulai lebih jauh ada baiknya kita mengetahui dulu apa sih yang dimaksud dengan Domain Authority dan Page Authority? 

Apa Itu Domain Authority (DA)?
Domain Authority
atau Otoritas Domain adalah ukuran kekuatan sebuah domain dan merupakan salah satu dari banyak faktor peringkat mesin pencari. Misalnya blog saya beralamatkan http://leemindo.blogspot.com maka domain url tadi adalah blogspot.com yang mana ranking DA-nya adalah 93. Jika kita menggunakan Top Level Domain semisal [dot]com maka kita sudah kehilangan satu poin yang sangat besar di mata search engine walaupun [dot]com kita dihosting oleh blogger.

Bagaimana Cara Untuk Meningkatkan Domain Authority?
Ada banyak cara untuk meningkatkan domain authority dari suatu blog atau web, diantaranya adalah seperti di bawah ini:

Usia Domain
Usia Domain merupakan salah satu cara mesin pencari menaikkan DA. semakin lama usia sebuah domain maka semakin tinggi pula ranking domain tersebut. Kita bisa menaikkan DA di Top Level Domain atau [dot]com, akan tetapi untuk blogspot, wordpress, blogdetik, kompasiana dan semisalnya tidak akan bisa dinaikkan DA-nya.

Popularitas Domain
Popularitas sebuah Domain bisa diukur dari banyaknya link yang masuk dan tentunya harus backlink yang berkualitas.

Jumlah Post Yang Bermanfaat Untuk Pembaca
Salah satu indikasi untuk menaikkan ranking DA adalah banyaknya link dari sebuah domain tersebut. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya artikel atau postingan yang telah dibuat oleh kita di web atau blog. Tentunya artikel yang bermanfaat lah yang akan dilihat oleh search engine. 

Apa Itu Page Authority (PA)?
Page Authority
atau Otoritas Halaman adalah sebuah istilah SEO yang digunakan untuk menggambarkan ranking sebuah page atau halaman suatu situs atau blog. Perangkingan PA dimulai dari skor 0 - 100. Page Authority yang rankingnya lebih tinggi kemungkinan besar akan muncul sebagai pemenang di serp. 

Lalu Bagaimana Cara Meningkatkan Page Authority?
•    Optimisasi Keyword
•    Sering Update Postingan
•    Postingan haruslah fresh dan bermanfaat untuk pembaca
•    Yang tak kalah penting adalah Backlink yang Berkualitas

Bagaimana Cara Cek DA atau PA?

Sebenarnya ada banyak cara untuk cek Domain Authority dan Page Authority secara online di website yang menyediakan fasilitas cek DA PA. Saya biasanya mengecek DA dan PA pada website ini.

Klik disini: Cek DA dan PA


Referensi Tulisan: Mdesign Blog

CONVERSATION

3 komentar:

  1. Sip nih. Tugasku naikin DAku nihh 😁 masih ngesooottt..

    BalasHapus
  2. Wah.. usia blogku belum nyampek sebualan, hemm.... jadi harus sabar dulu yak. DA-PA Menyusulu hehe....

    BalasHapus
  3. Mantap informasinya, mampir gan.. Sumbersejarah1.blogspot.com

    BalasHapus

"Komentar yang baik akan menunjukkan pribadi yang baik pula."

Terima kasih telah berkunjung dan membaca tulisan ini. Bantu SHARE yaa jika berkenan. Silahkan centang beri tahu saya untuk berinteraksi lebih lanjut di kolom komentar.

Salam hangat,
Leemindo.com