#MudaBikinBangga Berdakwah Melalui Musik Nasyid Acapella


Leemindo.com Musik adalah salah satu media ungkapan kesenian. Di dalam musik terkandung nilai dan norma-norma yang menjadi bagian dari proses enkulturasi budaya, baik dalam bentuk formal maupun informal. Musik itu sendiri memiliki bentuk yang khas, baik dari sudut struktual maupun jenisnya dalam kebudayaan. Demikian juga yang terjadi pada musik dalam penyampaian hal-hal yang positif.

Sebuah grup nasyid yang berdiri pada 27 Agustus 2004, menjadi tempat saya untuk mengasah kemampuan bermusik. Saya tidak mahir memainkan alat musik dan tidak pula memiliki skill bernyanyi yang baik. Grup ini beranggotakan 5 orang dengan jalur musik acapella. Ya! Acapella tidak membutuhkan seorang yang ahli dalam memainkan alat musik. Grup acapella hanya mengandalkan harmoni yang dihasilkan dari suara personelnya.


Grup ini tidak hanya memberikan saudara baru bagi saya. mereka sudah seperti rumah kedua, keluarga tempat berbagi suka dan duka. Sudah 11 tahun saya berada bersama mereka. Musik menjadikan kami satu ketika berbagi irama saat melantunkan lirik-lirik yang syahdu.

Salah satu penampilan bersama taZki
Saya bergabung dengan sebuah grup Nasyid bernama taZki Acapella. taZki terbentuk atas dasar kemauan untuk menyampaikan hal-hal baik bagi pendengar. Grup ini berasal dari organisasi Kerohanian Islam SMA Negeri 3 Pontianak angkatan 2004. Berdakwah tidak harus melalui ceramah, bukan? Banyak cara untuk menyampaikan dan mengajak hal-hal yang baik, salah satunya melalui nasyid. Disaat anak-anak muda seusia saya bersemangat dengan grup band-nya, kami tetap istiqomah dalam menyampaikan nasihat dan shalawat melalui nasyid acapella.

Dalam kurun waktu 12 tahun grup ini berdiri, sudah banyak perjalanan indah yang dirasakan. Prestasi demi prestasi telah diraih oleh grup yang beranggotakan 5 pria ini. Prestasi dalam perlombaan antar SMA, tingkat Kota Pontianak hingga Provinsi Kalimantan Barat sudah pernah kami raih. Pada tahun 2014, menjadi kebanggaan tertinggi bagi kami ketika mencoba keluar kandang untuk berkompetisi di tingkat nasional. Atas dukungan dan doa sahabat dan keluarga, saya bersama taZki Acapella berhasil meraih Juara 1 Idola Nasyid Indonesia 2014. Pada babak Grand Final yang diselenggarakan di Istora Senayan Jakarta, ketiga dewan juri yang saat itu diisi oleh Teddy SNADA, Ryan D’Masiv dan Fadli PADI menetapkan taZki Acapella menjadi yang terbaik di ajang tahunan itu.


Bersama Teddy SNADA, Idola Nasyid Indonesia 2014


Daftar Prestasi taZki Acapella:
1. JUARA HARAPAN I, Lomba nasyid se-Kota Pontianak, 2004
2. JUARA I, Lomba nasyid di Gedung FAPERTA Untan Pontianak, (FESTAMI 2005)
3. 12 BESAR Album Kompilasi, Gitarama Studio, 2005
4. 10 BESAR Audisi Festival Nasyid Indonesia (FNI) II zona Kalimantan Barat, 2005
5. JUARA I, antar SMA di SMAN 2 Pontianak, Ultah SMA Negeri 2 ke-41, 2005
6. JUARA II, se-KalBar dalam rangka MTQ 1426 H dan Konser OPICK, 2005
7. JUARA I, Festival Nasyid se-Pontianak, Dinas Pariwisata di Kafe Serasan, 2005
8. JUARA I, Festival Nasyid se-Pontianak di Masjid Arrafi’ul ‘Alaa, 2005
9. JUARA II, tim Ekspresi Gaya Pelajar (EGP) SMA NEGERI 3 Pontianak, 2005
10. JUARA I, Festival Nasyid Disbudpar, Aula RRI, 2006
11. SEMIFINALIS se-Kalbar, Festival Nasyid Pontianak Post, 2007
12. SEMIFINALIS Bintang Nasyid RUAI TV 2007
13. JUARA HARAPAN I, Festival Nasyid se-Kalbar Ultah SMU Mujahidin, 2008
14. JUARA FAVORIT I Penyisihan Bintang Nasyid RUAI TV 2008
15. JUARA I, Bintang Nasyid RUAI TV 2008, 12 Oktober 2008
16. JUARA FAVORIT 3 Penyisihan Bintang Nasyid RUAI TV 2009, Juli 2009
17. JUARA I, Bintang Nasyid RUAI TV 2009, Agustus 2009
18. JUARA II, Festival 1 Muharram Masjid Al-Amiin, 20 Desember 2009
19. JUARA I, Lomba Nasyid di Gedung FAPERTA Untan Pontianak, (FESTAMI 2010)
20. JUARA II, Lomba Nasyid Milad Fikri ke-7, Fakultas MIPA UNTAN 2010
21. JUARA III, Festival Nasyid Community 2010, ASRAMA HAJI, 2010
22. JUARA II, Festival Nasyid & Band Religi, ANN Kalbar, 24 Maret 2013
23. JUARA II, Lomba Aransemen Lagu Generasi BeRencana oleh BKKBN, Maret 2013
24. JUARA II, Festival Seni Budaya Nasyid, Disbudpar Kota Pontianak, 1 Juli 2013
25. JUARA I, Trophy Walikota, Ramadhan Festival, Pontianak Post, 4 Agustus 2013
26. JUARA II, Launching Gerakan Ekonomi Syariah, Ayani Mega Mall, 9 November 2013
27. JUARA I, Idola Nasyid Indonesia 2014, Istora Senayan Jakarta, 7 Maret 2014
28. JUARA II, FNSS POS TKI SINGAPURA with Deni Aden, On Youtube, 28 Oktober 2015

Generasi muda saat ini kadang latah untuk mengikuti tren perkembangan zaman. Fokus adalah kunci kita untuk bertahan dalam suatu jalan. Kadang seorang anak muda tidak sabar untuk berproses. Saya menyimpulkan bahwa tidak ada orang yang gagal di dunia ini. Yang ada hanyalah orang yang tidak sabar dan akhirnya keluar dari antrian. Jika mereka tetap bertahan di jalur kesuksesan itu, suatu saat dengan dibekali kesabaran, keberhasilan itu akan diraih. Waktu yang akan menjawab itu semua.

Banyak hal yang membuat kami bertahan selama 12 tahun di dunia nasyid. Dengan kekuatan semangat persaudaraan, kami semakin bersemangat untuk terus berprestasi dan berkarya. Menjadi kaum minoritas di panggung musik Pontianak, membuat kami terlihat seksi. Hihihihi. Kami dapat menjadi hiburan alternatif ketika dalam sebuah panggung pertunjukan bersama pengisi acara lainnya.

Guest Star Anniversary Arsenal Indonesia Pontianak
Saya terus berharap nasyid tidak menjadi musik musiman. Dulunya masyarakat hanya menemukan hiburan nasyid pada hari-besar Islam saja, baik itu pada suasana Ramadhan, Tahun Baru Islam, Isra’ Mi’raj dan sebagainya. Alhamdulillah, taZki acapella saat ini sudah sering tampil dalam acara-acara umum seperti acara sebuah Fans Klub Sepakbola, Seminar Bisnis dan Mahasiswa, bahkan pernah menjadi Guest Star di acara Mudik Bareng yang diselenggarakan oleh sebuah perusahaan ritel waralaba Indonesia.

Meskipun tampil di acara umum, kami tetap membawakan lagu-lagu yang bernilai dakwah, memiliki lirik-lirik yang positif sehingga tujuan utama untuk menebar kebaikan melalui senandung tetap terjaga.
Kurio sebagai aplikasi favorit di Smartphone
Kurio percaya apa pun yang kamu inginkan atau cita-citakan, akan sulit tercapai tanpa adanya pengetahuan. Kini dengan Kurio, kamu dapat tetap update dengan berita-berita terbaru dari beragam sumber terpercaya hanya dalam sebuah aplikasi dan sekaligus mendapat banyak informasi dan pengetahuan di luar konten berita. Didukung dengan algoritma yang handal, Kurio merekomendasikan artikel-artikel yang berguna, praktis dan informatif untuk hobi, pekerjaan, minat dan profesi kamu seperti Digital marketing, Startup, Mobile Marketing, Marketing, Leadership, Design, Entrepreneurship, Parenting, Healthy Living, Travel dan ratusan jenis topik lainnya. Stream Kurio kamu akan disesuaikan dengan keunikan kamu sendiri. Informasi apa pun yang kamu inginkan, Kurio menyediakannya untuk membantu kamu tetap update akan hal tersebut. Knowledge is Power (blog.kurio.co.id)
Dengan teknologi machine learning dan mesin rekomendasi, Kurio berkomitmen untuk menyajikan konten yang kamu perlukan. Semakin banyak kamu menggunakan aplikasi Kurio, mesin kami secara otomatis akan memisahkan apa yang kamu inginkan dan tidak kamu inginkan.
(Kurio)

Begitulah yang diharapkan Kurio untuk generasi muda Indonesia. Kurio akan memberikan “sesuatu” sesuai dengan apa yang sering kita inginkan. Begitu pula kehidupan ini. Ketika hal-hal baik terus kita lakukan dan menjadi rutinitas, akan banyak pula hal baik yang masuk dalam diri kita.
Semakin banyak menebar kebaikan melalui musik nasyid, akan semakin banyak pula hal-hal yang baik yang kita dapatkan.


Kebanggaan kami melalui musik nasyid acapella adalah ketika kami menyampaikan sebuah lagu, lirik yang terkandung dalam lantunan tersebut akan menjadi nasihat bagi kami sendiri yang menyampaikan. Akan sangat membanggakan ketika orang lain yang mendengarkan pun mengikuti pesan dan nasihat dari lagu yang disampaikan. Disitulah letak kebanggaan kami dalam menebar kebaikan melalui jalur musik yang kami tekuni belasan tahun ini. Generasi muda harus menjadi alat penyebar kebaikan. Apapun itu selama positif, lakukanlah dengan ikhlas, kerja keras, konsisten, dan jangan lupa berdoa. Hasil tidak akan pernah mengkhianati proses.


Berikut ini adalah single perdana kami yang berjudul Istiqomah. Kami berharap kita semua tetap berjalan di jalur yang benar untuk menggapai segala cita-cita dan harapan untuk keluarga, bangsa, dan negara. Lagu ini dibalut dengan musik 3 etnik Kalimantan Barat (Dayak, Tionghoa, Melayu) dengan konsep Acapella. Selamat mendengarkan. #MudaBikinBangga

(Lagu Acapella wajib didengarkan menggunakan headset/ headphone atau sound output untuk hasil suara yang maksimal)



Edo Pradana Prasitha
Personel taZki Acapella 2005 - sekarang

CONVERSATION

14 komentar:

  1. keren gan menginspirasi generasi muda seperti saya, semoga tazki tetap istiqomah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama gan. Mudah2an dapat menjadi salah satu alat untuk menyemangati generasi mude saat ini.

      Hapus
  2. Tidak terasa setelah kurang lebih satu dasawarsa, Tazki Acapella masih tetap eksis. Semoga apa yang telah dilakukan selama ini bisa menjadi contoh sekaligus motivasi bagi generasi muda di Pontianak saat ini. :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin bang. Alhamdulillah komitmen kawan-kawan yang kuat membuat tim ini masih berdiri meskipun berganti-ganti formasi. Namun siapapun personelnya, taZki tetaplah taZki. Semangatnya masih sama dan semakin bertambah besar ketika ada keluarga baru.

      Hapus
  3. keren nih. semoga tazki panjang umur :D

    BalasHapus
  4. Subhanallah... membanggakan sekali :D
    Sukses terus buat taZki Acapella

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Terima kasih ye doenye buat taZki. Insya Allah tetap bertahan untuk terus membanggekan kote Pontianak. :D

      Hapus
  5. Nasyid satu2 nya musik yg sy suka, sy bnyak mendpt inspirasi & motivasi dr sebuah nasyid, saat terjatuh, terpruk atau future. Memang harusnya sprti ini, musik tak sekedar menghibur. Moga tazki eksis sllu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Terima kasih atas supportnya Mbak. Kami juga berharap musim bukan hanya didengar tapi lirik2nya bisa menjadi manfaat bagi banyak org.

      Hapus
    2. sy gedadak ngefans denger prestasi2 edo dr bg qbenk, terus denger nasyid istiqomah disini, merinding.

      Hapus
    3. Masya Allah, saya terharu mendengarnya. Tapi bg Qbenk biasa suka berlebihan. Hihihi. Alhamdulillah banget jika karya kami dpt menginspirasi Mbak dan orang lain. Insya Allah selama kami mampu berkarya dan menebar kebaikan melalui jalan ini, kami akan terus Istiqomah. Insya Allah, aamiin.

      Hapus

"Komentar yang baik akan menunjukkan pribadi yang baik pula."

Terima kasih telah berkunjung dan membaca tulisan ini. Bantu SHARE yaa jika berkenan. Silahkan centang beri tahu saya untuk berinteraksi lebih lanjut di kolom komentar.

Salam hangat,
Leemindo.com