MaRiCi, Makanan Ringan Cianjur Temani Menghitung Gerimis

Leemindo.com Beberapa hari yang lalu, saya mendapat 2 bingkisan sebuah produk makanan ringan dari hasil lomba bersama Komunitas Blogger Pontianak, dalam rangka kontes SEO dengan keyword Pontianak Kota Bersinar. Ketika lomba ini selesai, sang raja matahari pun tak kuasa mempertahankan dominasi dan akhirnya harus membagi waktu dengan butiran air yang mengucur deras ke sela-sela permukaan Khatulistiwa.

Pontianak sedang dilanda musim hujan. Butiran air beradu unjuk kekuatan siapa yang paling cepat menjejakkan diri ke dataran bumi. Namun ada kalanya hanya rombongan gerimis yang mempertontonkan kelembutan yang membuat suasana romantis dengan tiupan dinginnya. Irama tak menentu pun membuat mata tak dapat menghitung gerimis yang jatuh.
Seketika tatapanku tertuju ke sebuah toples diatas kulkas. Ada MaRiCi di dalamnya! Mereka sudah tersusun rapi dalam sebuah toples bekas lebaran di atas kulkasku. Seolah-olah terdengar sayup mereka menawarkan diri untuk menemaniku menghitung gerimis. “Habislah riwayatmu sore ini”, kataku dalam hati. Hihihi....
MaRiCi, Makanan Ringan dari Cianjur ini adalah bingkisan yang saya terima sebagai salah satu kontestan lomba. Sebagai salah satu peserta yang diberikan kepercayaan untuk mencicipi gurihnya camilan Cianjur ini. Wuihh, terima kasih kepada Bang Qbenk yang telah memberikan 2 bingkisan MaRiCi ini.
Ada 3 rasa yang diproduksi oleh MaRiCi yaitu Putumayang, Rengginang dan Ranggining. Mari kita nikmati satu per satu sensasinya!
  • Putumayang
Putumayang menjadi salah satu produk MaRiCi yang dinikmati saat hujan turun ini. Perasaan yang ingin galau pun hilang seketika disaat gigitan pertama. Biasanya, putumayang disajikan dengan cara dikukus dan dinikmati dengan santan atau saus gula. Sedangkan Putumayang versi on the spot MaRici ini, dinikmati layaknya seperti kerupuk. Untuk mendapatkan kriuk yang maksimal, Putumayang ini harus dijemur kurang lebih 1 jam sebelum digoreng. Camilan ini pun tahan lama dan tanpa bahan pengawet.
  • Rengginang
Selain Putumayang, Rengginang juga menjadi santapan di suasana yang dingin ini. Ditemani teh hangat, Rengginang menjadi salah satu camilan santai yang bisa dinikmati sambil duduk santai berselancar di dunia maya. Kerupuk yang berbentuk butiran nasi atau ketan ini juga bisa dinikmati sebagai lauk saat menyantap mie instan, bakso ataupun nasi goreng. Jika ingin mendapat hasil yang lebih mengembang, disarankan untuk menjemurnya dibawah sinar matahari 1 jam sebelum digoreng.

  • Ranggining
Ranggining berbentuk seperti Rengginang yaitu bulat dan tebal, tapi terbuat dari tepung beras dan tapioka yang dihaluskan. Ada ciri khas rasa tersendiri dari Ranggining ini yang sulit dijabarkan dan hanya bisa diketahui setelah dinikmati. Berwarna-warni adalah salah satu ciri khas Ranggining yang tidak dimiliki oleh Putumayang dan Rengginang.
Semakin lama menyantap MaRiCi, semakin lebat pula hujan yang turun. Tampaknya mereka bekerjasama untuk membuat suasana menjadi nyaman. Hujan berusaha membuat suasana menjadi lembut ditambah irama rintik yang bertubi-tubi menghasilkan partitur suara. Sedangkan MaRiCi berusaha mengimbangi irama rintik tersebut dengan menyamai intonasi yang dihasilkan dari gurihnya gigitan camilan oleh-oleh dari Cianjur ini.

Namun, tiba-tiba teh hangat membuyarkan kriuknya MaRiCi dalam cengkeraman gigi-gigiku. Hmmm...

KOMPOSISI, CARA PENYAJIAN DAN HARGA
  • PUTUMAYANG
Komposisi: Tepung Beras, Tepung Tapioka, Bawang Putih, Garam, Penyedap Rasa
Cara Penyajian: Cukup digoreng
Pilihan Rasa (1):
# Original
Harga: Rp 45.000/ pack (1 pack, isi 30 keping)

  • RENGGINANG
Komposisi: Beras Ketan, Bawang Putih, Garam, Penyedap Rasa
+ Terasi (untuk pilihan rasa terasi)
+ Udang Rebon & Ketumbar (untuk pilihan rasa udang rebon)
Cara Penyajian: Cukup digoreng
Pilihan Rasa (3): 
# Udang Rebon
# Terasi
# Ketan Hitam
Harga: Rp 45.000/ pack (1 pack, isi 24 keping)

  • RANGGINING
Komposisi: Tepung Beras, Tepung Tapioka, Bawang Putih, Garam, Penyedap Rasa
Cara Penyajian: Cukup digoreng
Pilihan Rasa (1):
# Original
Harga: Rp 45.000/ pack (1 pack, isi 24 keping)


Untuk mendapatkan hasil maksimal dari ketiga Produk MaRiCi: 
  • Jemur terlebih dahulu sebelum digoreng ± 1 jam
  • Goreng dengan minyak yang banyak ± 1liter
  • Ceburkan MaRiCi ke dalam minyak yang sudah benar-benar dalam keadaan panas
  • Pastikan api jangan terlalu besar
CARA PEMESANAN KLIK DISINI YA!

CONVERSATION

3 komentar:

  1. marici ??? enak sekali aku udah coba hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menambah nafsu makan dan nafsu lainnya. Hahaha. Nafsu ngemil maksudnya.

      Hapus
  2. Rasa marici yg renyah dan unik membuat saya klepek klepek tak berdaya utk terus makan dan makan.

    sampai sampai saya jg mmbua review ttg jajanan enak ini d blog saya. intip yuk gan:)

    BalasHapus

"Komentar yang baik akan menunjukkan pribadi yang baik pula."

Terima kasih telah berkunjung dan membaca tulisan ini. Bantu SHARE yaa jika berkenan. Silahkan centang beri tahu saya untuk berinteraksi lebih lanjut di kolom komentar.

Salam hangat,
Leemindo.com